rss

Thursday, September 15, 2011

KOMPRESI MESIN


Siang all,,abis makan siang nih,,kenyang dan penyakit purba mulai bergerilya menyerang yah N.G.AN.T.U.K. Dari pada tidur bikin perut makin melar saya maw nulis tentang kompresi mesin pada motor, terus terang saya ngeri liat motor2 baru sekarang dengan kompresi tinggi dan banyak orang yang belum tahu mengenai kompresi mesin pada motor, bahkan mekanik BERES alias bengkel resmi aja belum tentu tahu (saya juga ndak sok tahu lho),,


Banyak orang yang cuma berfikir pendek, mesin juga bisa nyala, klo bisa murah kenapa harus mahal. Atau ada juga yang berfikir, ak mampu beli pertamax, prinsipnya kan makin mahal makin bagus, yawda aku pake pertamax plus aja skalian.


Jadi intinya, lihat dulu spesifikasi mesin mobil atau motor yang kamu gunakan. Lihat perbandingan kompresi mesinnya, kl udah tau sesuaikan dengan data berikut.

Pertamax Plus (Oktan 95) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 10:1 – 11:1
Pertamax (Oktan 92) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan 9:1 – 10:1
Premium (Oktan 82) = Untuk kompresi mesin dengan perbandingan7:1 – 9:1


Kompresi mesin saya buat mudah aja yaitu perbandingan tekanan yang terjadi saat piston ada di titik mati atas (TMA) dengan keseluruhan volume ruang bakar. Klo ada yang lebih ilmiah silahkan dishare aja. Kompresi mesin ini berhubungan dengan tenaga motor,semakin tinggi perbandingannya maka semakin besar juga tenaganya (bukan kencang-nya lho, tapi tenaganya). Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi thu klo saya cari digoogle wajib diimbangi oktan tinggi. Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. Angka oktan adalah ketahanan BBM terbakar sebelum piston berada di posisi Titik mati atas (TMA). Klo mesin berkompresi tinggi diberi BBM dengan angka oktan rendah, bisa hidup dan bisa jalan kok.


Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Maunya irit tapi motor malah rusak. Kompresi yang sama dengan oktan bahan bakar akan membuat motor jadi lebih irit. Sewaktu saya masih kerja di JOGJA (hmm kangen sama Burjo-nya nih..!) saya masih pake si Vixie merah,, thu motor kompresinya 10,4:1 dan klo nggak salah harusnya pake pertamax plus, boleh percaya boleh tidak dengan pertamax Solo-Jogja dg jarak sekitar 62 KM si vixie bisa minum 1,5 lt klo premium hampir 2 lt dengan pertamax plus mungkin 1,2 lt . Nah Udah tahu plus minusnya kompresi motor dengan Oktan bahan bakar? Klo masih bingung silahkan PM saya atau tulis di kolom komentar. Makasih GBU all.

1 comments:

rroossyyiidd on April 9, 2013 at 3:52 PM said...

Thanks mas atas infonya, hehe


Post a Comment

Followers

Link Sahabat Blogger