rss

Tuesday, June 22, 2010

BIAYA PAJAK MOTOR DAN STNK VIXION

Sempet kemarin panik liat STNK motor, masa berlaku STNK udah hampir abis, padahal masih di negeri orang, musti pulkam alias pulang kampung padahal bisa pulkam hari sabtu sedangkan masa berlaku STNK sampai hari jumat. Pikirku pasti kena denda nieh, berapa ya dendanya kan cuma telat sehari, coba cari info ke temen2, ada yang bilang dendanya per hari Rp. 3000,- ada juga yang bilang sehari atau sebulan sama saja yaitu Rp. 36.000,- tapi denger-denger ada penghapusan denda alias pemutihan tapi setelah diselidiki lebih lanjut ternyata cuma untuk daerah Solo dan Yogyakarta. Untuk Solo program tersebut sudah dimulai sejak awal Mei lalu dan akan berlangsung hingga akhir Oktober 2010. Sedangkan untuk DI Yogyakarta berlaku mulai 1 Juni 2010 sampai dengan 31 Mei 2011.

Bagaimana cara pengurusan PKB? Karena saya memperpanjang STNK di Sukoharjo begini caranya (dan mungkin tidak beda jauh dengan daerah lain) :
Selanjutnya
  •  Datang ke Samsat dengan membawa STNK, BPKB, dan KTP yang namanya tertera di STNK
  • Setelah sampai di Samsat langsung saja masuk ke ruang fotokopi yang terletak di luar kantor Samsat. Serahkan STNK, BPKB, dan KTP tersebut dan petugas yang jaga akan memfotokopi dan mengabungkan hasilnya sesuai dengan format yang berlaku.
  • Masuk ke kantor Samsat lalu pergi ke Loket 1 dan serahkan berkas fotokopi beserta STNK asli dan KTP asli. BPKB tidak perlu diserahkan. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan formulir permohonan perpanjangan STNK
  • Setelah dipanggil, Anda akan mendapatkan formulir permohonan perpanjangan STNK yang sudah terisi data diri sesuai STNK yang Anda bawa. Di loket ini Anda diwajibkan membayar sesuai jenis STNK Anda. Untuk kendaraan roda dua biayanya sebesar Rp 5000,- dan kendaraan roda empat sebesar Rp 10000,-
  • Tandatangani formulir tersebut (biasanya di halaman belakang) lalu serahkan ke Loket 3 untuk mendapatkan nomor urut pembayaran. Untuk kendaraan bermotor Anda
  • Di loket 3 ini Anda akan mendapatkan nomor urut pembayaran beserta surat tanda bukti pembayaran STNK. Siapkan uang pas seperti yang tertulis di lembar tersebut.
  • Bayarlah dengan uang pas saat tiba giliran Anda membayar. Selanjutnya surat tanda bukti pembayaran tersebut akan dicap lunas oleh pihak kasir.
  • Kini Anda tinggal menunggu STNK dan KTP Anda. Sebagai catatan bila Anda menginginkan plastik untuk tempat STNK akan dikenakan biaya Rp 1000,-

Sebagai informasi Nilai besaran BBN-KB (biaya baik nama kendaraan bermotor) dihitung 1% dari nilai jual beli kendaraan, sedangkan PKB (pajak kendaran bermotor) 1,5% dari nilai jual-beli kendaraan (harga pasaran). hmmmm, berharap besok pajak motor gag kena denda,,,hehehe,,, btw Jangan lupa bayar pajak, sebagai warga negara yang baik dan taat Pajak, ya seperti kata iklan Orang bijak taat Pajak. (berarti aku orang bijak tapi kok telat ya,hahahaha)

owh ya,,kalo mau tahu berapa pajak yang harus dibayar bisa via sms, caranya ketik JATENG spasi NOPOL kirim ke 7070 misalnya saya nieh JATENG AD2052SB nanti akan mendapat balasan dari kantor SAMSAT JATENG yang berisi mengenai jenis kendaraan, masa berlaku STNK dan besarnya PKB serta BBN-KB, ini berlaku untuk provider Telkomsel dan Flexi sedangkan yang laen belum tahu.

1 comments:

Pajak on September 6, 2010 at 2:29 AM said...

wah boleh juga tuh caranya,
thx lo dah bagi2 infonya.
bisa dicoba nih,
oh iya kl buat di jogja apa yh?


Post a Comment

Followers

Link Sahabat Blogger

There was an error in this gadget